Daihatsu Padang - Dengan usia hampir 10 tahun, Daihatsu Terios sudah memiliki tempat sendiri di pasar otomotif nasional. Bersama-sama dengan kembarannya, Toyota Rush, selama itu, mobil ini sudah menguasai pasaran SUV kelas menengah yang kian banyak pesaingnya.

Menurut Executive Coordinator Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor Rokky Irvayandi, Daihatsu pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 lalu.

“Sejak saat itu kami selalu melakukan perubahan desain mulai dari tahun 2010, 2013 dan 2015,” ujarnya akhir pekan lalu.

Mari kita simak perjalanan Daihatsu Terios selama di Indonesia:

Terios 2006 - Daihatsu Padang

1. 2006

Akhir tahun 2006 tepatnya 14 Desember 2006, Daihatsu meluncurkan sebuah konsep SUV yang benar-benar baru di pasar Indonesia.

Daihatsu Terios merupakan mobil berkapasitas 7 penumpang yang dirancang untuk menjadi kendaraan terbaik di kelas SUV medium. Mobil didesain sebagai hasil kolaborasi antara Daihatsu dan Toyota di Indonesia dimana Daihatsu bertanggung jawab penuh pada pengembangan produk.

Di Jepang saat itu, mobil dikenal dengan nama Daihatsu Be-Go, nama Terios sendiri merupakan singkatan dari ungkapan bahasa Inggris ‘to make dreams come true’ atau mewujudkan mimpi jadi nyata.

Terios 2009 - Daihatsu Padang

2. 2009

3 Tahun berselang, Daihatsu kemudian meluncurkan varian terbatas dari Terios yakni Terios White. Sesuai namanya mobil ini hanya berwarna putih.

Saat itu Terios white dibanderol Rp 180 juta untuk yang manual dan Rp 190 juta untuk yang automatic.

“Sesuai dengan namanya Luxio White Premier, dan Terios White Cruiser kami tujukan bagi keluarga yang mengingunkan kendaraan yang berkesan mewah bersih dan segar,” ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra di peluncuran Terios dan Luxio limited edition di Blacksteer Cafe, FX Plaza, Senayan, Jakarta, Kamis (3/12/2009).

Daihatsu tidak hanya memberikan laburan warna putih saja untuk menandakan dua varian tersebut dalam edisi terbatas. Beberapa aksesoris pun disematkan baik di eksterior maupun interiornya.

Tidak hanya warna putihnya yang membuat penampilan elegan, bagian dalam kabin pun dibenahi agar semakin mendukung tampilan luarnya.

Karenanya GPS dan audio double din, DVD dan TV menjadi piranti standar varian terbatas ini. Sementara untuk mesin tidak mengalami perubahan dengan varian lama.

Terios 2010 - Daihatsu Padang

3. 2010

Setahun kemudian Daihatsu melakukan perubahan ringan pada Terios. Saat itu harganya mengalami kenaikan menjadi mulai dari Rp 155 juta sampai Rp 194,6 juta

Daihatsu menawarkan dua varian untuk Terios, yakni TX dan TS, masing-masing dengan dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Ada beberapa perubahan dan penambahan fitur. Sebut saja tampilan dashboardnya yang makin mewah dengan integrated head unit yang menyatu dengan center meter cluster, serta penambahan tombol audio pada stir.

Kursi pengemudi pun kini dapat diatur posisi dan ketinggiannya sesuai dengan postur tubuh, serta pengaplikasian fitur 1-touch tumbel, sehingga akses keluar masuk penumpang baris ketiga jadi lebih mudah.

Masih urusan kenyamanan, pembenahan juga dilakukan ADM pada sektor suspensi Terios baru, dengan menyempurnakan karakteristik coil spring dan shock absorbernya.

Daihatsu menawarkan 6 pilihan warna, dengan 4 warna diantaranya merupakan warna baru, yakni Midnight Black, Classic Silver, Sand Gold, Royal Red, Icy White dan Noble Grey.

Di tahun ini pula, Daihatsu membuat kejutan dengan meluncurkan Daihatsu Terios TS Matik. Daihatsu Terios ini merupakan SUV matik termurah saat itu.

Terios 2013 - Daihatsu Padang

4. 2013

Tahun 2013, seiring tuntutan pasar, Daihatsu menambah fitur keamanan dual airbag pada Terios.

Terios yang mengalami perubahan minor change dan penambahan fitur safety dijual dengan harga mulai Rp 169,5 juta sampai Rp 225,6 juta.

Terios dilengkapi dengan Dual SRS airbag dan sabuk pengaman pretensioner & Force Limiter Seatbelt untuk menjaga ruang gerak saat terjadi benturan, serta fasilitas sandaran kepala dan sealtbelt di seluruh baris serta fasilitas AC double blower dan Cabin Air Filter.

Khusus untuk tipe TX AT dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) yang memungkinkan pengemudi tetap dapat mengendalikan kendaraan saat terjadi pengereman mendadak.

Terios terbaru ini juga mengalami penambahan audio. Semua tipe TX dilengkapi dengan touch screen integrated 2DIN Audio dengan CD, DVD, MP3, USB, Aux dan GPS. Ini dilakukan untuk memberikan kesan modern dan membuat perjalanan semakin menyelangkan.

Untuk interior dan eksteriosnya juga mengalami sedikit penyegaran yang membuat Terios ini menjadi lebih sporti dan tangguh.

Selain itu, Terios merupakan SUV yang mampu membawa 7 penumpang dan memiliki ground clearance yang tinggi. Daihatsu Improvement tampil dengan alternative warna Midnight Black, Classic Silver, Icy White, Sand Gold, Dark Gray dan Royal Red.

Terios 2015 - Daihatsu Padang

5. 2015

Daihatsu terus melakukan perubahan pada Terios. Pada Maret 2015 ini, Terios mengalami perubahan yang cukup signifikan di bagian eksterior dan interiornya.

New Terios tersedia dalam varian otomatis dan manual dengan lima pilihan warna yaitu hitam, putih, silver, abu-abu, dan merah.

Lampunya kini memasang LED baik di depan dan belakang. Setirnya pun sudah dilengkapi audio switch. Sementara joknya sudah memiliki fitur One Touch tumble pada kursi baris kedua memudahkan penumpang keluar masuk dari dan ke baris ketiga.

Salah satu fitur penting lainnya adalah Window Jam Protection, untuk melindungi/mengurangi risiko pengemudi agar tidak terjepit kaca pintu mobil.

Sementara agar Terios tidak bisa dibongkar oleh maling, Daihatsu memasang immobilizer.

“Fitur ini akan membuat mobil tidak bisa menyala tanpa kunci aslinya,” ujar Rokky.

Kemudian untuk fitur keamanan lainnya adalah Side Impact Beam, batangan baja yang tertanam di bagian samping mobil untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan yang berasal dari samping.

Sumber : detik.com