Breaking News
Home / Berita / Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia

Daihatsu All New Xenia

Daihatsu Xenia adalah nama mobil jenis MPV yang dirancang dan diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor. Mobil ini dipasarkan dengan 2 merek: Daihatsu Xenia dipasarkan oleh AI-DSO sedangkan AI-TSO memasarkannya dengan merek Toyota Avanza.

Daihatsu Xenia generasi pertama diperkenalkan di Indonesia dengan 3 tipe utama, yaitu Mi, Li, dan Xi. Varian Mi dan Li menggunakan mesin 1.0L, sedangkan Xi menggunakan mesin 1.3L. Varian Xenia otomatis hanya tersedia pada varian tertinggi (Xi) yang disebut sebagai Xenia Matic. Daihatsu Xenia memiliki berbagai asesoris standar untuk tiap tipe utama yang terdiri dari paket-paket yang berkaitan dengan penampilan eksterior maupun interior seperti Plus, Deluxe, Family dan Sporty.

Untuk Daihatsu Xenia generasi kedua, tersedia dengan 4 tipe utama, yaitu tipe 1.0 D (1000cc standar), 1.0M (1000cc spek tertinggi), 1.3X (1300cc standar), dan 1.3R (1300cc spek tertinggi). Untuk tipe R, tersedia transmisi otomatis.
Pada generasi kedua ini, dilakukan penambahan yang cukup signifikan yaitu AC blower ganda yang sebelumnya telah ada pada Toyota Avanza sejak generasi pertama. Seperti pada generasi pertama, paket-paket asesoris tetap ada dan ditingkatkan dengan adanya penambahan paket baru yaitu Attivo khusus untuk tipe R dan dipromosikan sebagai Crossover.

Daihatsu Xenia, jenis mobil MPV keluaran pabrikan Daihatsu ini, berdasarkan laporan adalah Jenis MPV terlaris di pasar otomotiv Tanah Air. Mobil yang mempunyai catatan data untuk ukuran dimensi-dimensinya seperti 4140 x 1660 x 1685 (mm), dengan jarak sumbu 2655 (mm) dan jarak pijak roda pada depan dan belakang berturut-turut adalah 1425 / 1435 (mm) serta jarak tertinggi dari tanah adalah 190 (mm) ini merupakan jenis mobil dengan katagori low-end. Walaupun dikatagorikan mobil untuk jenis low-end, tetapi untuk kualitas Daihatsu, tentunya membuat daya tarik bagi konsumen dalam memiliki mobil ini.

Pada bagian mesin mobil ini Ada 2 tipe mesin, yaitu 1000 dan 1300 cc. Teknologi VVT-i mulai dipergunakan sejak tahun 2006. Daihatsu sebenarnya memiliki istilah sendiri untuk teknologi pengaturan katup variabel yaitu DVVT, namun khusus di Indonesia menggunakan istilah VVT-i

Sistem pembakaran yang diterapkan pada mobil ini menggunakan teknologi sistem pembakaran Electronic Fuel Injection (EFI) yang mana teknologi tersebut sudah terbukti dalam pengefisienan bahan bakar yang digunakan sehingga rasio kompresi pada mobil ini cukup baik. Dan terbilang MPV besutan Daihatsu ini sangat irit dalam kategori MPV.

Pada sistem Tansmisi yang digunakan, mobil Daihatsu Xenia ini menggunakan sistem transmisi manual dengan 5 kecepatan, lalu pada sistem kemudi yang digunakan, Daihatsu Xenia ini menerapkan teknologi Rack & Pinion dengan Power Steering. Serta Disc/Drum, Leading & Trailing / Mekanis pada rem belakang pada sistem pengeremannya.Untuk suspensi Daihatsu Xenia ini menerapkan suspensions Mac Pherson Struts dengan per keong pada bagian front suspension serta ada bagian rear suspensions menerapkan sistem suspension 5-5-link, rigid-axle dengan per keong.

xenia merupakan MPV dengan Front Engine Rear Drive (Penggerak roda belakang), sehingga lebih handaI saat di tanjakan dalam kondisi full loading, ini sangat cocok dipakai untuk daerah seperti Suamtera Barat karena memiliki banyak kultur jalan yang mendaki dan menurun dikarenakan banyak perbukittan dan pegunungan.

 Sebagai kendaraan yang diperuntukkan untuk memuat banyak barang ataupun penumpang yang terkadang hingga 7-8 orang, tentu alasan teknis lebih mudah diterima akal. Bayangkan ketika Anda sekeluarga sedang liburan keluar kota dengan kondisi jalanan yang menanjak, Saat mobil sedang melaju di tanjankan hingga terjebak kemacetan yang kerap menerapkan stop & go tentu sistem penggerak roda belakang lebih mudah mendapatkan traksi maksimal,sehingga mobil lebih mudah untuk diajak berjalan. Bayangkan pula bila memakai sistem penggerak roda depan dengan kondisi mobil full muatan, tentu akan kesulitan saat hendak berjalan. Roda depan kurang maksimal mendapatkan traksi, sehingga bisa jadi mobil justru tertahan bahkan bisa-bisa mundur kebelakang, kondisi seperti ini sangat berbahaya bagi anda sekeluarga didalamnya.

Keuntungan lainnya memakai sistem penggerak roda belakang adalah radius putar akan lebih pendek. Misal dengan mobil yang sama dan hanya diubah sistem penggeraknya, yang memakai penggerak roda depan dipastikan akan lebih besar radius putarnya, akibat sudut kemudi yang terbatas. Hal ini wajar mengingat terlalu banyaknya komponen yang dipakai untuk mengatur sistem penggerak roda depan. Andai saja Daihatsu Xenia memakai sistem penggerak roda depan, maka radius putarnya akan kesulitan mencapai di bawah 5 meter. Namun karena memakai roda belakang, maka radius putarnya hanya berkisar 4,9 meter. Bahkan jika ban memakai pelek yang lebih kecil, bisa menjadikan radius putar hingga 4,7 meter. Manfaatnya dengan radius putar yang lebih pendek adalah pengemudi lebih mudah masuk ke jalanan yang sempit ala gang-gang kecil. Bahkan putar balik juga akan lebih mudah, dimana karakter jalanan sempit masih banyak terdapat di Indonesia.

Check Also

www.dealerdaihatsupadang.com-Allproduk

Promo WOW!!!

  Promo Wooow !!! ….ini dia paket yang di tunggu2… paket khusus untuk Guru menawarkan ...